[ Artikel ] Mengenal Desain Grafis

 

 

Kata “Desain” tentu sudah tidak asing lagi bagi dulur – dulur semua. Dengan desain semua akan terlihat lebih indah dan lebih enak di lihat. Tapi, tidak hanya dari segi keindahannya. Desain jua dapat menjadikan benda atau yang lainnya jadi memiliki nilai guna yang lebih. Kita ambil saja contoh dalam kehidupan sehari – hari.

Mulai dari bangun tidur kita mengecek hp, lalu ke kamar mandi menggunakan alat – alat mandi seperti odol, sikat gigi lalu di jalanan melihat rambu – rambu lalu lintas, desain tata ruang kota dan masih banyak lagi di sekitar kita. Handphone kita di desain sedemikian rupa agar enak di pegang, di desain  agar lebih nyaman di lihat ntuk tampilannya. Begitu juga benda – benda yang lainnya.  Tidak dapat di pungkiri bahwa desain menjadi vital peranannya. Nah, pada artikel ini, saya nggak akan bahas desain secara luas. Desain Grafis yang akan saya bahas kali ini. Itu pun tidak secara detail karena bertahap akan di sampakan pada artikel – artikel berikutnya.

Desain Grafis

Desain grafis merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk meyampaikan informasi atau pesan se efektif mungkin. Yang gampangnya sih seperti adanya poster itu kan bertujuan untuk menyampaikan informasi dimana di buat se efektif mungkin dan tidak bertele – tele. Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Kaitannya dengan desain grafis ini ada beberapa hal yang harus di perhatikan, yaitu mengenai Batasan Media, Prinsip dan Unsur Desain, Peralatan Desain Grafis, Perancang Desain Grafis, serta software apa saja yang dapat digunakan dalam pembuatan desain grafis. Oke, mari kita bahas satu per satu.

  • Batasan Media

Seperti yang di jelaskan di awal tadi bahwa hampir semua yang ada di sekitar kita menggunakan desain. Pada awalnya desain grafis di gunakan untuk diterapkan pada media – media cetak statis berupa buku, majalah dan sejenisnya. Selain pada media cetak, pada era yang serba digital ini tentu peranan desain grafis sangat maju dalam media elektronik yang lebih sering di sebut dengan desain interaktif atau desain multimedia.

  • Prinsip dan Unsur Desain

Dalam pembuatan desain grafis ada beberapa unsur serta prinsip yang harus di perhatikan. Unsur – unsur tersebut adalah shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna. Kemudian untuk prinsipnya adalah keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas. Untuk penjelasan tiap – tiap unsur dan perinsip akan di bahas di artikel selanjutnya ya.

  • Peralatan

Peralatan yang di gunakan untuk membuat desain grafis ini biasanya menggunakan tangan dengan alat gambar dan juga komputer. Biasanya di kombinasikan. Yaitu gambar dulu apa yang akan di digitalisasikan setelah ini baru di proses menggunakan komputer. Tentu dengan ide dan kreatifitas yang telah di persiapkan.

  • Perancang Grafis

Orang yang merancang atau membuat karya yang berkaitan dengan desain grafis disebut dengan Desainer grafis / Graphic Designer. Seorang desainer grafis menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Seorang desainer grafis menciptakan karya untuk penerbit, media cetak dan elektronik, seperti brosur dan mengiklankan produk. Mereka bertanggung jawab untuk sebuah tampilan agar tampak menarik, yang bisa diaplikasikan dalam berbagai bentuk materi promosi yang berkaitan dengan produk dan publik.

  • Software Desain Grafis

Dalam pembuatannya, desain grafis berupa gambar 2D dapat di buat menggunakan beberapa software berikut ini: Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Adobe Indesign, Coreldraw, Adobe Freehand, Adobe image ready, CorelDraw, Adobe Page Maker, Paint Tool SAI. Basis pembuatan desain dalam software ini juga di bagi menjadi vektor dan bitmap. Untuk lebih jelasnya juga akan di bahas dalam artikel selanjutnya ya lurrr.

Okee, sekian artikel mengenai Desain Grafis ini ya. Semoga bermanfaat bagi dulur – dulur semua.

 

3 Replies to “[ Artikel ] Mengenal Desain Grafis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *