[ Artikel ] Fakta atau Mitos Desain Grafis

 

Halo lur, ketemu lagi di artikel yang membahas tentang desain grafis. Nah, sebelum menuju ke pembahasan yang lebih dalam mengenai unsur dan prinsip desain grafis yang telah di singgung di artikel sebelumnya, yuk kita intip dulu beberapa mitos ataupun fakta yang sering terdengar yang berkaitan mengenai desain grafis.

 

  • Desain Grafis = Komputer

Memang tidak dapat di hindari bahwa pembuatan karya – karya desain grafis hampir semua menggunakan computer. Ya, computer menjadi yang utama bagi seorang desainer, namun proses mencari ide – ide kreatif tetaplah menjadi poin utama dalam desain grafis.

 

  • Jago Photoshop atau CorelDraw = Jago Desain

Seorang yang mahir mengoperasikan software – software desain berari dia jago di level operasionalnya ataupun memvisualisasikannya. Tapi desainer grafis tidak menggantungkan dirinya pada software – software itu saja, melainkan pada otak yang kreatif. Mencari ide, merumuskan masalah, mencari strategi juga merupakan aktivitas yang dilakukan sebelum memvisualisasikannya. Hal itu tidak dapat dilakukan oleh Photoshop/CorelDraw dan software lainnya. Hanya otak yang kreatif yang dapat melakukannya.

 

  • Desain Grafis itu Masalah Selera

Bagus atau jelek, suka atau tidak suka, itu baru penilaian dari segi penampilan luarnya saja. Bagaimana dengan segi – segi atau aspek yang lainnyas seperti tujuan dari desain itu sudah tercapai atau belum ? Apakah makna atau pesan yang ingin di sampaikan ? Apakah mendidik masyarakat atau menjerumuskan ? Jadi, desain jauh lebih dalam dari pada sekedar penampilannya saja.

 

  • Menjadi Desainer Grafis Yang Paling Penting Punya Bakat Seni

Jika seorang desainer grafis memang mempunyai bakat seni, itu memang menjadi keuntungannya. Namun, mempunyai bakat seni bukanlah segala – galanya baik seorang desainer grafis. Kemampuan lain seperti rajin belajar dan berlatih, memiliki niat yang kuat, peka, terbuka, memiliki kemampuan komunikasi yang baik bisa menjadi modal yang berarti bagi seseorang untuk menjadi desainer grafis.

 

  • Desainer Grafis harus Jago menggambar atau Tak Perlu Bisa Menggambar

Desainer Grafis perlu bisa menggambar, walaupun tidak perlu bagus. Yang terpenting yaitu ia dapat memvisualisasikan ide yang ada di pikirannya.

 

Nah, sekian artikel untuk kali ini ya dulur – dulur. Menjadi Fakta atau Mitos sepertinya dulur – dulur sekalian bisa mengambil kesimpulannya sendiri. Ya terpenting selalu rajin dan berlatih serta mempunyai niat yang kuat untuk bisa menjadi seorang desainer grafis. Oceee, terimakasih menyempatkan waktunya untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *